PELEPASAN LAMPION DI BOROBUDUR RIBUAN PENGUNJUNG ANTRE

Lampion 4PELEPASAN LAMPION DI BOROBUDUR RIBUAN PENGUNJUNG ANTRE

Ribuan pengunjung rela antre berdesak-desakan untuk masuk kompleks Candi Borobudur. Mereka datang ke candi Budha terbesar di dunia itu untuk melihat dari dekat detik-detik prosesi perayaan Tri Suci Waisak yang ditandai dengan pelepasan 1.000 lampion.

Jalan menuju pintu gerbang belakang Candi Borobudur dipenuhi oleh kendaraan roda empat dan roda dua. Akibat membeludaknya kendaraan tersebut, menyebabkan ruas jalan tersebut menjadi macet. Kemacetan tersebut diperparah oleh ribuan pengunjung yang saling berdesakan menuju pintu gerbang masuk sebelah selatan.

Meski antrean pengunjung membludak dan saling berdesakan di depan pintu gerbang, pihak keamanan dari kepolisian maupun pengelola candi tidak membuka pintu secara lebar, hanya dibuka sedikit. Sebab, setelah memasuki pintu gerbang, para pengunjung harus melewati pintu metal detector yang dipasang tepat di depan palang pintu pos keamanan Candi Borobudur.

Salah seorang pengunjung dari Kudus, Yayak, mengaku merasa kesulitan, karena sebelumnya akses untuk masuk tidak mengantre seperti tahun ini. “Dulu itu tidak seperti ini. Sekarang harus berdesak-desakan dengan ribuan pengunjung lainnya,” katanya, Sabtu malam, (25/5).

Selain itu, ia mengeluhkan keberadaan pintu metal detector yang hanya berjumlah satu buah. Padahal, jumlah pengunjung yang masuk mencapai ribuan dan harus mengantre lama.

Sementara itu, pengunjung dari Singapura, Jeanice, mengaku takut. Ia harus berdesak-desakan untuk masuk pintu gerbang. “Sangat menakutkan ketika harus berdesak-desakan seperti ini. Gerah sekali,” keluhnya.

Untuk pengamanan perayaan Tri Suci Waisak tahun ini memang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari keberadaan pintu metal detector yang ada di setiap pintu gerbang.

“Untuk  perayaan Waisak tahun ini sejumlah pintu masuk memang dipasangi pintu metal detector. Ya, untuk pengamanan saja,” ujar Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Bambang Irianto.

share

Kami siap melayani ke seluruh Indonesia, antara lain Solo, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Boyolali, Klaten, Yogya, Semarang, Purworejo, Gombong, Tegal, Purwokerto, Cirebon, Bandung, Padalarang, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Tasikmalaya, Garut, Ngawi, Madiun, Magetan, Surabaya, Malang, Jember, Pasuruan, Probolinggo, Bali, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Samarinda, Palangkaraya, Pontianak, Banjarmasin, Sulawesi, Papua, Irian Jaya, Lampung, Bengkulu, Padang, Palembang, Medan dan Aceh

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s